Thursday, April 04, 2013

Antara lagu, film, travelling dan Indonesia.

Indonesia itu surganya para traveller. percaya?
33 provinsi. ribuan pulau. beragam budaya. bermacam suku. mau gunung? banyak yang menjulang tinggi. mau pantai? ribuan pantai tersohor di pasir kita. mau orang-orang yang ramah? terhampar dari ujung sabang sampai merauke. tinggal dicari aja.

Jakarta

ngomongin soal Indonesia gak lepas dari ibu kota nya, Jakarta. gajauh dari Jakarta berati gajauh dari kemacetan. tapi nun jauh dari penatnya ribuan klakson dan polusi di Ibu kota, banyak banget harta karun yang tersembunyi di tanah kita. dan mereka yang melakukan perjalanan, otomatis naik setingkat menjadi lebih filosofis. agree? korelasi yang gue buat disini adalah bagaimana negeri kita ini bisa menginspirasi para musisi dan film maker serta apapun dibidang art & entertainment. gak jarang dari mereka (para musisi berkualitas) di Indonesia membuat hasil karyanya berdasarkan hal-hal yang mereka lalui dan kunjungi. dan secara nggak langsung memamerkan bangsa nya sendiri.


dan seperti biasa indonesianisme gue suka kumat kalo udah ngomongin soal wisata domestik disini. entah dari telusur pinggiran kota, entah dari pinggir tebing sebuah kawah, entah dari produktifnya sebuah pasar tradisional di kaki gunung, atau tingginya ombak saat nyebrang pulau pake kapal nelayan.
udah tiga bulan full ini gue terjebak didalam lingkaran setan penuh lobang dan debu muncul. setiap minggu selalu jadi korban ngasalnya angkutan umum yg ngetem sembarangan. and the main reason why gue nulis ginian secara langsung menggambarkan kerinduan gue melakukan sebuah perjalanan. pengennya keluar dari Jakarta untuk sementera. mata udah bosen mandang ketidak adilan lampu merah, pelipis udah bosen kejebak macet keringetan, dan kaki udah males nginjek aspal yang rompal-rompal. ni hati udah keki dari berapa hari kagabisa kompromi sama mood yang lagi pengen gendong daypack.
pengen rasanya punya villa kecil diujung bukit, supaya kalo lagi cape punya tempat netralisasi. lengkap deh. sepi, adem, tenang, bisa liat citylight, bisa liat bintang dan yang paling penting ke luar kota.
atau sekedar naik kereta api, liat sunset sawah belakang rumah, liat kerbau, nemenin pa'le giring kambing. mainan sama penduduk sekitar, sesepele main layang-layang, congklak atau cari bekicot. ya, emang itu sih yang sering gue lakuin dulu kalau pulang kampung. rame-rame main gobak sodor atau muter keliling kampung naik sepeda ontel. kadang-kadang bantu motongin kelapa, bikin ketupat sama nyari kerang di pantai. 

kerinduan gue ini ditemenin sama sebuah lagu berjudul 1 Hari Yang Cerah sung by Budi DoReMi (gak ngerti kenapa harus gede-kecil) yg lagi jd top list gue.

 
contoh salah satu musisi yang terinspirasi dari indahnya bumi khatulistiwa. adalah sebuah film berjudul 3 hari untuk selamanya yang gak pernah bosen diputer berapa kali, apalagi soundtracknya. lagu-lagu bertemakan travelling gini yang bikin arti dari trip lo semakin keliatan kalo didengerin di tkp dan paham maknanya.

Float merupakan satu dari sekian musisi yang bisa memaknai perjalanannya dengan menuangkanya ke dalam sebuah lagu. monggo di pasang earphone nya...


klik-buffer-nikmati


gue harap rencana next few week nggak berubah, tapi kalo ternyata berubah #nowplaying ♫yasudahlah~
dan gue berharap lagi, si bondan ngga ikutan nyanyi numpang promosi diatas penderitaan gue. 


kebayang kan, kalo film tuh selalu punya soundtrack yang menjual. terutama saat bikin trailer. karena cuma film bagus yang bisa bikin penontonnya mupeng pas nonton trailer karna liat kesinambungan gambar dan lagu yang pas. dan di setiap perjalanan, setiap orang punya soundtracknya masing-masing



intinya, empat objek ini; lagu, film, travelling dan Indonesia. empat hal yang kalau dipadukan jadi satu itu bisa ngebawa gue untuk sadar kalo Indonesia tuh gak kalah berharga nya dari tokyo tower atau menara pisa.

mungkin sebentar lagi gue akan meledak ngestalk foto-foto di blog-blognya traveller. kecangkan ikat pinggang dulu sebelum direalisasiin. sampai skg gue masih mencari siluman yang beranak duit. doain bisa ketemu. amin.

yuk mantai yuk......

No comments:

Post a Comment