Sunday, September 09, 2012

Lima Elang

Seperti biasa, kebiasaan gue di hari minggu adalah...*drumroll*, Mantengin youtube. Nonton segala perfilman Indonesia yang belum gue tonton. Film yang berkualitas tentunya.

Dirilis sebuah film berjudul "Lima Elang" 25 Agustus 2011. Sekitar setahun lalu ya kurang lebih. Film ini gue temuin ketika gue lagi ngesurf youtube dan browsing di mbah gugel. Tiba-tiba gue menemukan judul yang sebetulnya ngga begitu menarik, tapi karena gue memang lagi mood nonton dan mendengarkan serta membaca apapun yang berkaitan dengan Indonesia, maka sekilas gue buka. Pas gue cek trailernya, i'm kind of surprised, ada Chris Nelwan, Bastian, Iqbal coboy jr yang walaupun kecil tp ganteng, dan Kiki, adik kelas gue di putih-biru (Ya dia sebenernya ngga kenal gue sih).


Film ini patut diberikan apresiasi, karena menayangkan buadaya yang tidak lagi menjadi favorit pelajar. Yaitu; Pramuka. Pramuka memang sudah cukup lama menipis dikalangan pelajar, termasuk di sekolah gue sendiri. Waktu gue SMP, gue masih mengenakan seragam naas itu, tapi di SMA gue alhamdulillah nggak ada (tuhkan, terbukti generasi yang meremehkan Pramuka). Tapi begitu gue mengenakan putih abu-abu, gue mendapat kabar dari seorang kawan bahwa SMP gue menghapus seragam Pramuka yang digantikan dengan batik-rok putih macem sekolah swasta. Ini lah salah satu fakta dibalik realita yang bikin miris. Bahwa masyarakat Indonesia tidak lagi menanamkan semangat juang dalam dirinya. Bukan tidak sih, lebih tepatnya berkurang. Gue menyadari itu, karena gue sendiri ironisnya juga begitu.




Rudi Soedjarwo memasangkan cerita yang simpel namun makna dari film ini terealisasikan dengan baik. Mengingat generasi muda kita yang manja dan semaunya sendiri. Sementara disisi lain yang tidak tersorot kamera publik, masih ada seorang anak tangguh dengan masa lalu yang tidak begitu baik namun sangat bersemangat dalam menjalankan hidupnya. Film ini memberi gambaran lebih lanjut tentang segala hal ke-Pramukaan. Sekaligus memiliki pesan moral dan pelestarian Pramuka yang terancam punah. Recommended bgt untuk ditonton oleh anak-anak. Film ini didedikasikan untuk para Praja Muda Karana dari seluruh Indonesia serta sebagai simbolik memperingati Hari Pramuka Nasional yang jatuh pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.


No comments:

Post a Comment